Apa Itu Google Panda

Google Panda adalah salah satu algortima (jalan pikiran) mesin pencari Google untuk menyeleksi situs-situs yang memiliki kualitas rendah atau kurus. Artinya situs tersebut secara konten tidak diminati oleh orang atau bahkan mengarah kepada spam (konten sampah yang tidak ada maknanya).

Kok bisa yah mesin pencari Google menilai konten situs? Manusia saja terkadang tidak tahu bagaimana membuat konten yang bagus. Oleh karena itu kita harus belajar dari mesin pencari Google, khususnya algoritmanya.

Google Panda pertama kali dirilis pada bulan Februari 2011. Sudah banyak perubahan yang dilakukan oleh Google untuk memperbaiki algoritmanya, untuk memperbaiki cara penilaiannya terhadap situs-situs yang berkualitas rendah. Ini dikarenakan Google tidak mau menampilkan hasil pencarian yang mengecewakan para pencari yang menggunakan mesin pencarinya.

Nama “Panda” berasal dari seseorang yang bernama Navneet Panda, Google Engineer, yang mengembangkan teknologi yang menilai konten-konten situs yang berkualitas.

Seperti apa sih situs-situs yang berkualitas rendah itu? Atau bisa dibilang situs-situs yang menyebalkan itu seperti apa sih?

Salah satunya adalah situs yang punya jumlah iklan bannerpopup yang sangat berlebihan. Jadi jangan berlebihan memasang iklan di situs Anda. Peringkat situs anda bisa dinilai rendah oleh Google. Karena pengunjung situs juga benci akan hal tersebut.

Kemudian situs-situs yang hanya melakukan duplikasi konten dari situs orang lain, jadi seakan-akan situsnya diperbaharui terus setiap hari. Tetapi kontennya comot sana comot sini. Ini juga akan mengurangi peringkat situs anda. Dan oleh Google Panda akan dinilai rendah.

Situs-situs yang dipercaya oleh pengunjung juga mendapat nilai tinggi dari Google Panda, seperti salah satu parameternya apakah anda akan memberikan informasi nomor kartu kredit pada situs tersebut. Bila banyak orang percaya, maka situs anda sangat kredibel.

Google Panda akan menilai isi keseluruhan situs atau beberapa bagian situs daripada hanya satu halaman saja. Jadi pastikan jangan terlalu banyak halaman-halaman situs anda yang jelek atau bahkan melakukan spam(menyampah), ini akan mempengaruhi peringkat seluruh situs anda. Halaman-halaman yang jelek tersebut lebih baik dihilangkan dari situs tersebut supaya tidak ter-index oleh mesin pencari Google.

Akibat dari Google Panda

Hampir seluruh Blogger Indonesia merasakan dampak dari Google Panda. Ada yang posisi situs blognya turun, tetapi ada juga yang justru mengalami kenaikkan jumlah pengunjung, karena blog gadungan tidak penting tersingkir dari SERP (halaman hasil mesin pencari). Terlihat jelas bahwa google benar-benar ingin menyingkirkan blog yang kontennya hanya hasil copy paste dari situs blog lain, tanpa memikirkan kemurnian atau originalitas artikel.

Fokus utama Google Panda ini memang kepada kualitas konten. Hampir bisa dipastikan yang terkena dampak oleh Google Panda adalah situs blog yang sangat suka membuat konten spam atau asal-asalan membuat konten. Jadi, mudahnya Google Panda adalah Algoritma Google yang fokus untuk mencari dan menurunkan peringkat sebuah situs blog yang mempunyai kualitas artikel rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *