Apa itu Niche Blog?

 

Terdapat beberapa jenis blog, dan beberapa diantaranya yaitu blog pribadi, blog otoritas, serta blog niche. Ketiga variasi blog tersebut masing-masing mempunyai diaplikasikan di sepanjang blog tersebut mempunyai nilai. Dan sebelumnya, apa anda tahu apa itu Niche Blog? Niche blog merupakan sebuah blog yang membuat konten berisi topik yang begitu spesifik (topik tunggal). Seperti misalnya, Bagaimana cara memperoleh uang dari iklan Google, atau Bagaimana cara menjadi seorang affiliate yang sukses, Cara membangun bisnis, dan masih banyak lagi.

 

Hal yang Membedakan Niche Blog dengan Blog Lainnya

Disebebkan hanya membuat topik tunggal yang cukup spesifik, untuk itu, niche blog umumnya hanya berisi beberapa artikel. Dan tak hanya dibedakan melalui sisi kuantitas konten, niche blog juga tidak sama dalam berbagai sisi yang lain, seperti  perbedaan terhadap sisi optimasi serta trafik.

 

Hal yang Membedakan Optimasi Antara Niche Blog dengan Blog Pribadi

Suatu blog otoritas umumnya butuh ratusan-ribuan artikel untuk dapat memperoleh banyak visitor dari search engine. Tak perlu ilmu mendalam guna memperbanyak konten, karena blog otoritas agak sulit untuk dioptimasi. Selain itu, niche blog bisanya hanya butuh beberapa artikel untuk daapat dimonetisasi. Hal ini disebabkan oleh cakupan kontennya cukup spesifik.

Baca Juga: Keuntungan Menggunakan Jasa SEO untuk Website

Terhadap proses optimasi niche blog relatif cepat bila dibandingkan dengan blog otoritas. Tapi, hal ini tergantung daripada keyword yang dipilih. Tak hanya itu, trafik niche blog bisa dipertahankan dalam kurun waktu yang lama, serta juga dapat sebaliknya. Seperti saat Anda menentukan keyword trending, dari sana telah pastikan bahwa trafik niche blog Anda hanya bisa bertahan dalam kurun waktu tertentu.

 

Bagaimana Cara Membangun Niche Blog

Modal utama yang dibutuhkan dalam membangun atau mengembangkan niche blog merupakan keyword. Sesuai yang telah dijelaskan barusan, niche blog merupakan sebuah blog yang membahas topik secara mendalam. Itu berarti, Anda wajib menentukan keyword yang pas.

Kriteria keyword yang bisa dipilih guna membangun niche blog, antara lain:

  1. Mempunyai jumlah pencarian sedikitnya 3000/bulan.
  2. Mempunyai tingkat persaingan rendah
  3. Mempunyai Cost Per Click (CPC) sedikitnya $ 1
  4. Keyword sifatnya untuk jangka panjang.

Kenapa jumlah pencarian bulanan keyword paling tidak harus 3000 dalam satu bulan? Bisa saja seseorang lebih condong pada keyword dengan jumlah pencarian 2000/bulan, tapi hal ini akan mempersusah niche blog Anda guna menghasilkan lebih banyak uang. Terdapat tiga kriteria tingkat persaingan untuk satu kata kunci, yakni rendah, sedang, dan tinggi. Jika Anda memilih keyword dengan tingkat persaingan sedang, maka niche blog Anda akan membutuhkan banyak waktu untuk dapat masuk halaman 1 search engine.

Menentukan keyword menggunakan CPC tidak kurang dari $1 beralasan agar dapat merealisasikan target monetiasi. Pengunjung niche blog relatif terbatas, Untuk itu penentuan keyword tidak boleh mempunyai CPC dibawah $ 1.

 

Cara Menemukan Keyword Ideal Untuk Niche Blog

Tahapan paling dalam membangun niche blog adalah menemukan keyword yang tepat. Menentukan keyword merupakan langkah terkrusial dalam membuat niche blog. Lalu cara agar kita dapat memilih keyword yang sesuai dengan kriteria ?

  • Tentukan Apa yang Menjadi Minat Anda  – Kadang kala ide dari diri sendiri dapat menghasilkan ribuan Dollar. Untuk itu bayangkanlah tentang hal-hal yang Anda gemari yang kira-kira berpotensi agar dapat dijadikan sebagai keyword. Jangan lupa untuk menganalisa ide tersebut dengan memakai alat reset keyword, misalnya, Google Keyword Planner.
  • Berjelajah di Situs e-Commerce – Terdapat banyak sekali situs yang dapat dimanfaatkan guna keperluan reset keyword. Seperti salah satunya, Amazon merupakan situs e-commerce terbesar yang menjual aneka ragam produk. Pahami statistik penjualan produk di Amazon, serta jangan lupa untuk menganalisa produk itu apakah berpeluang untuk dijadikan keyword niche blog yang hendak dibangun.
  • Perhatikan juga Trend pengguna Internet – Usahakan untuk membuat search engine sebagai alat guna menentukan keyword ideal dengan terus melakukan pengamatan terhadap trend pengguna internet. Untuk melakukan hal tersebut, masuklah ke laman Google Trends, di sana anda dapat menemukan trending topic dari masa ke masa.

 

Menggunakan Platform Untuk Niche Blog Anda

Apabila telah menentukan suatu keyword, tahapan terakhir adalah dengan menemukan platform blog yang bagus untuk niche blog Anda. Anda bisa menggunakan platform blog gratisan, seperti Blogger. Tapi, untuk membuat suatu niche blog saya rekomendasikan agar menggunakan platform WordPress self hosting. Gunakanlah provider hosting berkualitas, serta tidak semata-mata disebabkan harga yang murah. Kualitas hosting juga merupakan salah satu aspek dibalik sukses-tidaknya Anda membangun niche blog.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *