Apakah SEO dan SEM Memiliki Fungsi Yang Sama

SEO dan SEM memiliki fungsi yang sama secara garus besar, tetapi SEM memiliki metode yang lebih sederhana dibandingkan dengan SEO. Keduanya juga memiliki tujuan yang sama yaitu membuat sebuah halaman mendapatkan lebih banyak pembeli potensial. Anda tidak salah bila memanfaatkan jasa SEO dan SEM agar kualitas penjualan anda meningkat hingga batas maksimal. Namun akan lebih baik kalau anda memahami dulu mengenai kedua hal tersebut. SEO sebagai strategi promosi yang merancang coding khusus XHTML serta melakukan program pada seluruh situs web guna mendapatkan kesempatan untuk berada di halaman utama mesin pencari dengan mengandung kata kunci tertentu.

Search Engine Marketing merupakan bentuk strategi pemasaran internet yang tujuannya adalah melakukan promosi website pada halaman mesin pencari atau yang biasa disebut sebagai SERPs. Konteks promosi ini berbayar dengan memanfaatkan tagihan, iklan dengan cara meningkatkan visibility halaman anda pada mesin pencari. Sederhananya Search Engine Marketing adalah promosi yang memanfaatkan kata kunci tertentu yang menggunakan search engine semacam Google AdWordsYahoo Search Marketing. Uniknya, Search Engine Marketing dilakukan dengan cara pay per click ataupun dengan ketentuan unik lainnya.

Perbedaan Antara SEO dan SEM

SEO (Search Engine Optimization) merupakan suatu teknik yang digunakan untuk menempatkan website pada posisi SERP (search engine result page) yang strategis sesuai dengan keyword yang ditargetkan. Tujuan dari SEO sendiri adalah untuk mendatangkan traffik yang banyak menuju blog melalui posisi yang bagus di search engine. Salah satu indikator utama keberhasilan SEO adalah semakin tingginya posisi blog dengan keyword tertentu di search engine.

Secara umum terdapat 2 jenis SEO, white SEO dan blackhat SEO. Perbedaannya? White SEO dilakukan dengan teknik-teknik yang memang diperbolehkan oleh google sehingga blog pun bisa bertahan lama pada posisi teratas. Intinya white SEO itu dilakukan dengan cara-cara yang jujur. Sedangkan blackhat SEO dilakukan dengan cara-cara yang terlarang yang melanggar TOS google. Menggunakan blackhat SEO hanya akan memperbesarkan kemungkinan blog akan di suspend oleh google. Pada artikel ini tidak akan di bahas teknik-teknik yang terdapat pada SEO.

Read More :  Optimasi SEO untuk Website WordPress

Sedangkan SEM (Search Engine Marketing) sebenarnya hampir sama dengan SEO, SEM juga bertujuan menampilkan website pada halaman pertama google namun dengan cara yang berbeda dengan SEO. Bila SEO gratis, namun SEM berbayar. Salah satu media untuk melakukan SEM adalah google adwords. Dengan menggunakan google adwords, website anda akan berada pada halaman pertama google.

Namun meskipun demikian, pengguna SEM biasanya lebih identik dengan penawaran produk. Sangat-sangat jarang pengguna SEM yang mengiklankan konten (hanya tulisan). Biasanya mereka yang beriklan di search engine adalah toko-toko online yang memiliki produk untuk di jual. Tidak seperti SEO yang lebih umum dengan keduanya (jualan dan konten).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *