Aturan Dasar Penulisan Scrip PHP

Sebelum kalian ingin mendalami tentang PHP, ada baiknya kalian mengenal aturan-aturan dasar PHP seperti penulisan kode PHP. Karena seperti bahasa pemograman lainnya, PHP juga memiliki aturan penulisan seperti case sensitifity (perbedaan antara huruf besar dan kecil), cara mengakhiri sebuah baris perintah, dan pengaruh menggunakan spasi dalam membuat kode program PHP. Berikut adalah aturan dasar penulisan kode PHP.

  1. Penamaan File PHP

    File php harus diakhiri dengan ekstensi .php, selain ekstensi tersebut, web server tidak akan menganggapnya sebagai file PHP sehingga tidak akan memprosesnya. Dahulu, kita dapat menggunakan ekstensi .php3 atau .php5 untuk membedakan versi PHP yang digunakan, namun model penamaan tersebut sudah ditinggalkan, dan secara default, server (Apache) sudah tidak mendukungnya lagi. Namun demikian, kita masih tetap menggunakan ekstensi tersebut dengan menambahkan perintah tertentu pada file .htaccess atau mengubah file konfigurasi pada server.

  2. Case Sensitivity PHPAturan dasar dalam penulisan kode PHP yang pertama adalah PHP tidak membedakan huruf besar dan kecil untuk penamaan fungsi, nama class, maupun keyword bawaan PHP (seperti echo, while, dan lain-lain). Akan tetapi, PHP membedakan huruf besar dan huruf kecil (case sensitive) untuk penamaan variable seperti $Nama, $nama, dan $NAMA akan dianggap sebagai tiga variable yang berbeda. Error dalam PHP seringkali terjadi karena salah menuliskan nama variable—yang seharusnya huruf kecil malah ditulis dengan huruf besar.

    Baca Juga : Mengenal Tipe Data PHP

  3. Karakter Spasi dan Tab
    Aturan dasar dalam penulisan kode PHP selanjutnya adalah spasi dan tab. Secara umum, karakter spasi dan tab diabaikan di dalam eksekusi program PHP. Anda boleh memecah sebuah statement menjadi beberapa baris atau menyatukan beberapa statement dalam sebuah baris yang panjang, seperti contoh berikut.

    1. <?php
    2. echo “Ini kalimat pertama”; echo “Ini kalimat kedua”; $nama=”duniailkom”;
    3. ?>

    Baris perintah itu sama artinya dengan:

    1. <?php
    2. echo “Ini kalimat pertama”;
    3. echo “Ini kalimat kedua”;
    4. $nama = “duniailkom”;
    5. ?>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *