Backlinks Dalam SEO

Bagaimanakah cara mendapatkan backlink dengan kualitas terbaik ? Seperti yang kita ketahui bahwa backlink merupakan salah satu bagian penting dari SEO yang turut mengambil peran besar agar halaman website atau blog bisa menduduki halaman pertama di mesin pencari, terutama Google.

Dalam SEO ada tiga bagian, yakni research keyword (riset keyword), on page optimize, dan off page optimize. Untuk backlink tersebut berada pada off page optimize. Jadi, sebaiknya Anda melakukan optimasi off page, setelah riset keyword dan on page optimize telah dilaksanakan.

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Mendapatkan backlink yang natural tersebut adalah dengan menanam situs di berbagai tipe – tipe dari suatu website, misalnya situs blog posts, wiki, forum, social bookmark, social media, video sharing, audio sharing, document sharing, slide sharing, blog comment, dsb.

Backlink dari Blog Comment

Blog comment merupakan aktivitas berkomentar pada website atau blog orang lain. Nah, dalam berkomentar tersebut terdapat form, seperti nama, website, email, dan komentar Anda. Pada kolom website tersebutlah kita tanam link dari website atau blog yang Anda bangun. Sebaiknya yang disampaikan tersebut merupakan komentar yang berbau positif dan terkait dengan tema dari tulisan.

Walau ada yang mengatakan backlink dari blog comment kurang efektif, namun, hal ini tidak selalu benar. Jika Anda ingin mendapatkan blog comment yang berkualitas, yang perlu Anda perhatikan adalah domain authority (DA), page authority (PA), dan jumlah komentarnya. Apabila DA dan PA bernilai lebih dari 20, maka situs tersebut cocok untuk dikomentari. Namun, jika komentar dari orang lain telah banyak, sebaiknya Anda mencari situs lain untuk berkomentar.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan dalam melakukan komentar adalah memilih situs yang sama dengan topik situs Anda, misalnya situs Anda membahas perihal otomotif, jadi, blog comment juga dilakukan pada situs yang memiliki topik atau pembahasan otomotif pula.

Bagaimana cara mendapatkan backlink yang berkualitas dari blog comment ?.

Kita mengambil sampel blog yang bertopik otomotif. Carilah situs – situs yang membahas tentang otomotif di google, lalu, lihat DA dan Panya, apabila telah lebih dari 20, mulailah memasang beberapa komentar Anda pada situs tersebut. Sebaiknya dalam satu hari ada satu komentar saja.

Baca Juga : Teknik SEO Untuk Meningkatkan Traffic Website

Web 2.0 Profiles Backlink 

Web 2.0 profile merupakan situs yang mengizinkan pengunjungnya untuk mendaftarkan diri sebagai anggota, lalu, kita dapat menuliskan deskripsi diri pada situs mereka. Nah, URL situs kita akan kita tanamkan (tuliskan) pada bagian deskripsi diri di situs web 2.0 profiles tersebut.

Kabar gembira pula, web 2.0 profiles merupakan cara mudah untuk mendapatkan backlink yang berkualitas. Hampir setiap backlink yang berasal dari web 2.0 profile tersebut berkualitas, hal ini dikarenakan page rank dan authority yang sudah tinggi.

Beberapa situs web 2.0 profiles yang dapat Anda tanam backlink :

  1. vimeo.com
  2. www.flickr.com
  3. thisorthat.com
  4. squidoo.com
  5. hubpages.com
  6. infobarrel.com
  7. blogger.com
  8. wordpress.com
  9. about.me

Bagaimana cara mendapatkan backlink dari web 2.0 profiles ?

Pertama, Anda buka situsnya lalu daftarkanlah diri Anda. Kedua, carilah bagian deksripsi atau profil, lalu tulislah deskripsi diri Anda pada diri tersebut. Pada akhir dari deskripsi tuliskan alamat dari situs Anda.

Social Bookmark Backlink Berkualitas

Situs dengan tipe social bookmark merupakan situs yang biasanya digunakan oleh netizen untuk membookmark secara online, menyimpan halaman sebuah website, dan tujuan lainnya. Untuk kualitas dari backlink di social bookmark dapat kita bilang berkualitas pula, jika authority situsnya sudah tinggi.

Bagaimana mendapatkan backlinknya ?. Pertama, mendaftarlah menjadi member, lalu, verifikasikan email Anda, dan setelah ini mulailah untuk membookmark URL situs Anda. Kunci agar backlinknya natural adalah gunakanlah judul dan isi yang tidak terlalu sama dengan judul dan isi dari situs yang dibookmark.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *