Belajar Menganal HTML Dasar

HTML (HyperText Markup Language) adalah bahasa dengan tanda-tanda khusus yang digunakan di awal era web untuk menyajikan informasi. HTML merupakan script yang digunakan untuk menyusun/membuat dokumen web yang apabila kita melakukan desain terhadap html berarti kita telah melakukan tindakan pemograman. Namun HTML bukanlah sebuah bahasa pemograman karena hanya berisikan perintah-perintah tertentu agar dapat diakses atau diterjemahkan oleh browser.

Ciri – Ciri HTM

  1. Terdiri dari tag-tag teks yang ada dalam tag-tag tersebut dimana tag-tag tersebut terdiri dari tag pembuka dan tag penutup.
    Tapi ada beberapa tag yang tidak punya penutup, contohnya <br />, <hr /> dan ada banyak lagi.
  2. Tidak case sensitive (huruf capital dianggap kecil dan sama), akan tetapi untuk hasil yang lebih baik menggunakan lowercase (huruf kecil) karena berorientasi pada XHTML (extensible Hypertext Markup Language) yang merupakan bentuk reformulasi dari HTML menggunakan paradigm XML.
  3. Ekstensi file berupa *.HTM atau *.HTML

Bentuk Tag HTML

<elemen attribute = “value”>

Keterangan :

  • Elemen : nama dari tag.
  • Attribute : atribut dari tag
  • Value : nilai dari atribut.

Dalam membuat sebuah dokumen HTML, kita memerlukan sebuah editor (Sebuah program untuk membuat dokumen HTML, Seperti Notepad, Notepad ++, Dreamweaver atau Netbeans.

Program yang berfungsi untuk menjalalankan dokumen HTML menjadi sebuah halaman web dinamakan browser. Contoh browser yang sering digunakan, yaitu Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, Internet Explorer, dan lain lain.

Berikut ini contoh beberapa macam element:
  1. Element HTML
    Merupakan kepala dari dokumen HTML. Tag <head> dan tag </head> terletak di antara tag <html> dan tag </html>.

    Sintaks:

    <html>
    ………..
    </html>

  2. Element title
    Merupakan judul dari dokumen HTML yang ditampilkan pada judul jendela browser. Tag <title> dan tag </title> terletak di antara tag <head> dan tag </head>.
    Sintaks:
    <title>
    ………
    </title>

  3. Element head
    Elemen <head> merupakan elemen yang berisikan informasi mengenai halaman web yang tengah dibuka, yang tidak akan ditampilkan secara visual di halaman browser. Sintaks

    Pada halaman web modern, umumnya elemen mengandung:

    • elemen title, yang menunjukkan judul dari halaman yang tengah dibuka dan muncul pada toolbar browser.
    • elemen meta, yang menunjukan informasi meta data mengenai halaman web yang tengah diakses.
    • elemen link, yang menunjukan hubungan antara halaman web yang dibuka dan file lain. Umumnya digunakan untuk “memasukkan” file CSS ke halaman web yang bersangkutan.
    • elemen script, digunakan untuk memasukkan script yang bekerja pada sisi klien seperti JavaScript.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *