Domain

Domain adalah nama yang diberikan untuk mengidentifikasi sebuah jaringan tanpa menggunakan internet protokol (IP), mengingat biasanya IP menggunakan angka-angka yang sulit dihafal. Dalam dunia internet, domain merupakan aspek penting dalam sebuah website. Fungsinya adalah sebagai alamat yang memudahkan para pengunjung untuk mencari informasi yang mereka inginkan.

Berbagai Tipe Domain

Tidak semua nama domain mengikuti formula dan aturan yang sama. Meskipun domain .com paling banyak digunakan, sekitar 46.5% website global, masih ada domain lain yang bisa Anda pilih, seperti .org dan .net.

  • TLD: Top Level Domains
    Seperti namanya, tipe nama domain ini merupakan top level dari sistem nama domain di internet. Tersedia ribuan TLD yang bisa Anda gunakan tapi yang paling banyak digunakan antara lain adalah .com, .org, .net, dan .edu.
    Daftar TLD resmi dikelola oleh organisasi yang disebut Internet Assigned Numbers Authority (IANA). IANA mencatat bahwa daftar TLD juga menyertakan ccTLD dan gTLD, yang akan kami bahas sebentar lagi.
  • ccTLD: County Code Top Level Domains
    ccTLD memuat domain yang hanya terdiri atas dua huruf dan didasarkan pada kode negara internasional misalnya .us untuk United States dan .jp untuk Jepang. Biasanya ccTLD digunakan oleh perusahaan yang membuat dedicated situs untuk area-area tertentu. Domain-domain tersebut tampil sebagai ‘sinyal’ bahwa suatu situs berada di negara atau wilayah yang ditargetkan.
  • gTLD: Generic Top Level Domain
    gTLD adalah TLD yang tidak menggunakan kode negara. Sebagian besar gTLD ditujukan untuk penggunaan website yang spesifik, misalnya .edu untuk website institusi pendidikan. Sampai di sini, Anda sudah memahami bahwa Anda tidak perlu memenuhi syarat tertentu untuk register gTLD. Sebagai contoh, .com tidak selalu ditujukan utuk website komersil.

 

Image result for domain adalah"

Jika nama domain yang Anda inginkan tidak tersedia, nama yang sangat mirip mungkin masih ada. Terkadang, membuat perubahan kecil akan menghasilkan nama yang tersedia. Ingat: kata kuncinya adalah sederhana.

Gunakan akhiran domain yang baru
Salah satu cara untuk tetap menggunakan nama domain yang Anda inginkan adalah dengan mengubah akhirannya. Akhiran domain yang paling banyak digunakan atau TLD (domain level teratas) adalah .com, namun sekarang ada beragam TLD, mulai dari .academy hingga .coffee hingga .photography. TLD yang relevan untuk Anda bahkan dapat membantu menjelaskan dan menggambarkan apa yang Anda lakukan. Dapatkan informasi lengkap tentang TLD yang tidak begitu tradisional dan yang tepat untuk Anda dalam postingan kami tentang cara memilih antara akhiran domain tradisional dan baru.

Buat perubahan kecil
Adakah penambahan atau pengurangan kecil yang bisa dilakukan untuk mengubah nama? Jika sudah menetapkan brand atau nama bisnis, Anda dapat mencoba sejumlah cara untuk menciptakan nama domain yang sesuai. Misalnya, jika “mydogjoe.com” sudah diambil, Anda dapat mencoba “meetmydogjoe.com” atau “mydogjoe.rocks”. Jika brand belum ditetapkan, Anda bisa mengubah nama berdasarkan pada apa yang tersedia.

Jangan dipersulit
Kunci nama domain yang bagus adalah kesederhanaan. Jadi, berhati-hatilah untuk tidak mempersulit nama dalam upaya menemukan nama yang tersedia. Misalnya, hindari hal tertentu, seperti tanda hubung, angka, atau ejaan lucu, karena itu sulit diketik dan diingat dan dapat menurunkan kredibilitas situs Anda. Lebih baik gunakan pilihan nama domain kedua yang lebih sederhana daripada memperumit domain dalam upaya mencari nama sedekat mungkin dengan pilihan pertama Anda.

Tetap dengan pilihan pertama

Tetap ingin nama favorit Anda? Ini bisa jadi merupakan satu-satunya pilihan untuk mendapatkannya. Upaya ini mungkin tidak berhasil, tapi tidak ada salahnya dicoba.

Upayakan untuk membelinya
Anda selalu bisa menawarkan untuk membeli nama yang Anda inginkan dari pemilik saat ini. Jika informasi Whois bersifat publik, Anda dapat menghubungi pemilik domain secara langsung dan bertanya apakah mereka bersedia menjual. Jika informasinya bersifat pribadi, Anda dapat mencari informasi kontak di situs web mereka. Harap diingat: sangat kecil kemungkinannya sang pemilik bersedia menjualnya, atau mereka mungkin menuntut harga yang sangat tinggi.

Tindakan hukum
Jika Anda adalah pemilik merek dagang atas nama yang digunakan di domain, Anda mungkin memiliki opsi untuk mengambil tindakan hukum guna mengklaim nama domain tersebut. Ini umumnya terjadi hanya jika ada yang menawarkan barang atau jasa yang serupa seperti Anda dan jika mereka mulai menggunakan nama yang sama dengan Anda. Jika Anda yakin bahwa merek dagang Anda telah dilanggar, hal pertama yang harus dilakukan adalah menghubungi pengacara atau tim hukum Anda.

Mulai yang baru

Opsi termudah dan terbaik mungkin adalah dengan menghasilkan nama lain. Berikut adalah beberapa alasan yang tepat:

Potensi masalah
Jika nama yang Anda inginkan sudah diambil, berarti ada entitas lain yang menggunakan nama itu. Mencoba menggunakan nama domain yang mirip dapat menimbulkan masalah keaslian atau membingungkan pelanggan, selain potensi masalah hukum. Lakukan penelitian untuk mengetahui apakah nama yang Anda inginkan sudah merupakan nama brand atau merek dagang. Nama domain Anda harus unik bagi Anda, dan juga bebas dari potensi pelanggaran.

Lupakan kesempurnaan
Hal penting yang harus diingat adalah tidak ada nama domain yang sempurna. Anda dapat menyia-nyiakan banyak waktu untuk mencoba mencari nama yang sesuai dengan ide awal, padahal nama domain yang sangat bagus masih tersedia saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *