Hal Penting Dalam Belajar Programmer

Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan sebuah kegiatan belajar. Satu di antaranya adalah cara belajar itu sendiri. Secara umum kita dapat mengelompokkan cara belajar kepada dua bagian: cara belajar efektif dan cara belajar tidak efektif. Cara belajar efektif akan memberikan hasil yang lebih memuaskan ketimbang yang disebut terakhir.

Hal ini juga berlaku ketika kita akan belajar pemrograman. Kita tidak akan pernah bisa membuat program jika kita melakukannya dengan cara yang salah. Kalau pun itu terjadi, maka kita pasti membutuhkan waktu lebih banyak dari yang seharusnya.

  1. Pelajari dasar-dasar pemrograman
    Sebagai programmer (pemula), jangan terburu-buru untuk membuat fitur yang canggih dan terlihat keren. Setiap bahasa pemrograman memiliki “cool version” sendiri. Misalnya, HTML memiliki HTML5, CSS memiliki CSS3, JavaScript memiliki jQuery, AJAX, dan sebagainya. Tapi sebaiknya, pelajari semua dasar-dasar pemrograman terlebih dahulu. Hal ini karena kita tidak bisa mengembangkan jQuery tanpa memahami dasar dari JavaScript itu sendiri.
  2. Tentukan skill apa yang kamu inginkan
    Ketika kita memutuskan untuk menjadi seorang developer, kita harus benar-benar fokus pada satu hal dan menghindari yang umum. Memang tidak ada salahnya jika kita mengetahui banyak bahasa pemrograman, tapi sebaiknya di tahap awal fokuslah pada salah satu bahasa pemrograman yang benar-benar kita sukai. Hal ini bertujuan untuk memfokuskan semua upaya kita dalam mengasah skill/kemampuan pemrograman. PHP, Ruby on Rails, ASP.net atau C# merupakan bahasa pemrograman yang bagus untuk dipelajari.
    Misal, jika ingin menjadi desainer front-end, kita bisa mulai belajar HTML dan CSS, kemudian setelah lebih mahir bisa beralih ke JavaScript, jQuery, AJAX, dan yang lainnya. Tentunya saja kita bisa belajar HTML dan CSS secara bersamaan, karena keduanya saling melengkapi. Beda halnya dengan PHP dan ASP.net, kita tidak dapat menguasai keduanya dalam waktu yang sama, kecuali jika kita mau menghabiskan waktu 20 jam sehari untuk belajar! Oleh karena itulah, kita harus mempelajarinya dari satu per satu.
  3. ATM (Amati, Tiru, Modifikasi)
    Salah satu cara tercepat untuk memahami bahasa pemrograman adalah dengan melihat contoh dari halaman/program lain yang sudah ada. Gunakan tools seperti Firebug untuk menganalis code tersebut. Amati, pelajari, dan pahami apa yang ada dalam code tersebut. Setelah itu cobalah luangkan waktu untuk mencoba memodifikasi/menulis code baru sendiri. Hal ini adalah untuk lebih mengasah dan memperluas pemahaman kita terhadap bahasa pemrograman.
  4. Gunakan tools profesional
    Meskipun coding HTML dan CSS dapat dilakukan di notepad, tapi itu sangat tidak direkomendasikan. Hal ini karena kita tidak dapat memeriksa jika terjadi error. Kita bisa menggunakan tools profesional seperti Dreamweaver, Coda, dan lainnya, yang terpenting gunakanlah tools yang juga digunakan oleh programmer pada umumnya (profesional). Tools-tools ini dapat membantu kita memeriksa setiap errors, auto complete dan memberikan saran. Itulah alasan mengapa Dreamweaver dan Code adalah dua diantara IDE (Integrated Development Environment) yang paling banyak digunakan di dunia.

    Baca juga : Mengganti Port Apache dan MySQL di XAMPP

  5. Cari sebanyak-banyaknya relasi
    Hal lain terpenting lainnya adalah cari sebanyak-banyaknya jaringan/relasi dalam bidang kita. Dengan begitu kita bisa memiliki beberapa diskusi yang menarik dan dapat memberikan bantuan jika kita membutuhkannya. Bahkan kita bisa berkolaborasi dengan sesama developer untuk menggarap project yang lebih besar.
  6. Up to date
    Sebagai seorang programmer, kita dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi terbaru. Perbanyaklah membaca feed berita, blog, atau bahkan buku dan video tutorial untuk menambah pengetahuan dan wawasan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *