Mempelajari Pengertian, Sejarah, dan Pentingnya SEO untuk Website Anda

Pengertian SEO

SEO atau kepanjangan dari (Search Engine Optimization) adalah suatu cara atau teknik untuk membuat situs atau blog kita berada pada halaman/posisi satu di mesin pencarian (search engine) seperti Google, Bing, dan Yahoo.

Pengertian dari SEO juga sangat luas tetapi semuanya mencakup hal yang sama yaitu mengoptimisasi suatu halaman website/blog agar berada pada halaman/posisi satu di search engine dengan kata kunci yang ditarget.

Sejarah SEO

Menurut Danny Sullivan, istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.

Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword).

Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan kata kunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.

4 Faktor Penting Dalam SEO

  1. Pemilihan Kata Kunci atau Keyword
    Pemilihan kata kunci merupakan elemen wajib yang harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum menerapkan teknik lainnya. Kata kunci tak ubahnya sebuah nama pemilik rumah. Tanpa nama maka tak ada seorangpun yang bisa menemukan rumah tersebut. Situs tanpa kata kunci maka hampir dapat dipastikan situs tersebut mendapatkan pengunjung yang salah alamat.
  2. Volume Pencarian Kata Kunci
    Faktor kedua yang tak kalah penting adalah volume pencarian kata kunci. Setelah memutuskan kata kunci yang tepat, berikutnya Ada harus pastikan bahwa kata kunci tersebut memang dicari oleh orang.
  3. Backlink
    Faktor penting dalam SEO berikutnya adalah Backlink. Backlink adalah nyawa dari sebuah situs, jumlah dan keragaman backlink menentukan popularitas situs. Backlink dapat diperoleh dari berbagai cara, yang pertama dengan cara membagikan URL artikel atau halaman utama ke jejaring sosial.
  4. Bounce Rate
    Bounce rate adalah indikator yang mengukur berapa lama pengunjung tinggal di situs Anda, semua aktifitas yang dilakukan di situs akan dicatat dan menentukan tinggi rendahnya bounce rate sebuah situs. Situs yang baik diindikasikan dengan nilai bounce rate yang rendah, biasanya berbanding terbalik dengan durasi pengunjung saat mengunjungi situs. Artinya semakin lama pengunjung tinggal dan semakin banyak halaman yang dibuka maka nilai bounce rate akan semakin rendah.

Baca juga : Faktor yang mempengaruhi Traffic Web

Mengapa SEO Penting Untuk Website

Sejak adanya mesin pencari seperti Google, hampir semua orang mencari informasi secara online melalui search engine. Dari data yang dipublikasikan oleh Google, website yang menempati peringkat pertama sampai ketiga mendapatkan total klik kumulatif sebesar lebih dari 50%.

Peringkat pertama sendiri mendapatkan lebih dari 20%.
Ini menunjukkan betapa pentingnya SEO untuk website anda, dengan bantuan SEO anda bisa mendapatkan ribuan hingga puluhan ribu pengunjung per hari. Lebih dari itu, pengunjung dari mesin pencari merupakan orang-orang yang haus akan informasi dan ingin membeli produk. Kalau anda memiliki sebuah bisnis online, pengunjung dari mesin pencari akan memiliki tingkat konversi (conversion rate) terbesar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *