Mencegah Nama Domain Expired

Nama Domain adalah salah satu komponen penting ketika Anda membuat website. Selain sebagai alamat akses website Anda di internet, Nama Domain juga dapat berfungsi sebagai branding diri Anda pribadi ataupun bisnis yang Anda miliki. Domain dikelola oleh lembaga yang disebut ICANN yaitu kepanjangannya adalah Internet Corporation for Assigned Names and Numbers. ICANN menunjuk registrar  untuk mengecer domain yang akan didistribusikan kepada reseller dan kepelanggan.

Penamaan domain sendiri bersifat unik dimana Anda tidak dapat membuat 2 domain dengan nama dan ekstensi yang sama. Dan karena hal ini pulalah Anda harus benar – benar menjaga dan memperhatikan masa aktif domain yang Anda miliki agar tidak didaftarkan oleh orang lain.

Hasil gambar untuk Domain

Nama domain yang sudah Anda beli memiliki masa aktif sesuai dengan masa berlangganan yang Anda pilih pada saat pendaftaran nama domain. Maka dari itu, Anda harus selalu memperpanjang nama domain untuk selalu bisa aktif. Apabila tidak, maka nama domain tersebut akan expired atau masuk ke dalam masa kadaluarsa. Apabila nama domain Anda sampai masuk ke masa expired, maka ada banyak sekali kerugian yang ditimbulkan. Dalam hal ini disebut sebagai ‘Domain Life Cycle’, yang pada artikel ini hanya akan menjelaskan apa yang terjadi apabila nama domain expired atau tidak diperpanjang.

Jadi, apabila Anda memiliki nama domain yang secara sengaja atau tidak sengaja tidak diperpanjang masa aktifnya sampai tahap ini, maka nama domain Anda beresiko direbut oleh orang lain apabila memang ada orang lain yang mengincar nama domain tersebut.

Jadi, bagi Anda yang menjalankan bisnis dengan mengandalkan website, hal ini sangat penting bagi Anda ketahui, bahwa bisnis Anda bisa saja direbut oleh orang lain, atau bahkan diambil oleh kompetitor bisnis Anda. Apalagi Anda menggunakan brand bisnis Anda sebagai nama domain website Anda.

Setiap nama domain yang sudah Anda daftarkan bisa expired atau ada masa kadaluarsanya. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan dan selalu memperpanjang masa aktif nama domain yang sudah Anda beli. Apabila Anda membiarkan nama domain Anda melewati masa expired, maka nama domain tersebut bisa didaftarkan atau diambil oleh siapa pun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *