Mengenal Pagerank Dalam Jasa Pembuatan Website

Pagerank adalah sebuah algoritma mesin pencari buah karya Larry Page dan Sergey Brin ( pendiri google ) yang digunakan untuk memilih website berdasarkan tingkat pentingnya Jasa Pembuatan Website tersebut dengan mengacu pada link dari website lain  ( memberi Backlink ) ke website tersebut.

 

Mengenal Pagerank Dalam Jasa Pembuatan Website

Konsep Pagerank

Mungkin anda mengenal Link popularity, sebuah teknologi yang dikembangkan untuk memperbaiki kekurangan dari website dengan memasukkan Meta Keywords dan Meta Description yang bisa dicurangi dengan Jasa Pembuatan Website khusus yang di desain untuk search engine atau biasa disebut doorway pages.

PageRank, memiliki konsep dasar yang sama dengan link popularity, tetapi tidak hanya memperhitungkan “jumlah” inbound dan outbound link. Pendekatan yang digunakan adalah sebuah halaman akan diangap penting jika halaman lain memiliki link ke halaman tersebut. Sebuah halaman juga akan menjadi semakin penting jika halaman lain yang memiliki rangking (pagerank) tinggi mengacu ke halaman tersebut.

Dengan pendekatan yang digunakan PageRank, proses perhitungan ranking akan terjadi secara rekursif dimana sebuah rangking akan ditentukan oleh rangking dari halaman web lain yang memberi backlink ke halaman tersebut. Proses ini berarti suatu proses yang berulang (rekursif). Karena itu lebih baik mencari backlink yang berkualitas, karena walaupun sedikit tapi dampaknya akan lebih terasa di ranking.

  1. Pagerank adalah inti dari Google

    Google membuat mesin pencari sebelumnya terlihat usang, karena dengan sistem Pagerank yang dimiliki Google, saat user hendak mencari produk X maka halaman produk X yang muncul di halaman pertama, sehingga memudahkan user dalam mencari sesuatu di internet. Tanpa Pagerank, Google hanyalah mesin pencari biasa, yang mungkin sudah hilang ditengah besarnya mesin pencari Altavista saat itu.

  2. Pagerank Dibuat untuk memberi rank halaman website

    Sebelum ada Google, search engine membuat daftar seluruh website di dunia dengan manual, kemudian memberi ranking secara manual. Proses ini sangat tidak efisien dan hasilnya pencariannya seringkali diluar apa yang dimaksud oleh user. Misalnya user sedang mencari produk X, yang muncul justru nama kota X atau seseorang dengan nama X. Nah, Pagerank adalah sistem yang dibuat oleh Duo pendiri Google untuk memberi peringkat secara otomatis terhadap semua halaman website di seluruh dunia.

    Baca juga : Mempelajari Pengertian, Sejarah, dan Pentingnya SEO untuk Website Anda

  3. Pagerank dihitung dari banyaknya backlink

    Dari awal pembuatannya, Pagerank adalah mekanisme perhitungan banyaknya backlinkyang masuk ke halaman tersebut dari halaman website lainnya. Semakin banyak backlink yang masuk, maka semakin tinggi Pageranknya. Maka wajar jika kemudian banyak pemilik website mencari backlink sebanyak-banyaknya, agar websitenya mendapat Pagerank yang lebih tinggi. Namun semakin berkembangnya Pagerank, banyak komponen lain yang ditambah dalam penilaian, dan nilai dari banyaknya backlink semakin berkurang.

  4. Tidak setiap halaman website memiliki Pagerank yang sama

    Jika anda memiliki website dengan Pagerank 4, bukan berarti semua halaman website anda memiliki Pagerank 4. Biasanya homepage memiliki Pagerank lebih tinggi daripada halaman lainnya, oleh karena itu paid link biasanya berupa link di halaman utama domain, bukan di halaman artikelnya, kecuali ada maksud lain.

  5. SEO bukan cara untuk meningkatkan pagerank

    Salah satu proses SEO adalah mencari backlink sebanyak-banyaknya. Namun bukan berarti SEO akan membuat website anda akan memiliki Pagerank lebih tinggi daripada sebelum di-SEO-kan. Jika memang kemudian Pagerank nya naik, maka anggap saja itu bonus, karena target SEO adalah website naik ke halaman pertama Google, bukan naik Pageranknya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *