Mengganti Port Apache dan MySQL di XAMPP

XAMPP adalah paket instalasi perangkat lunak open source yang digunakan oleh pengembang aplikasi web untuk mempermudah dalam proses instalasi tool-tool yang dibutuhkan untuk mengembangkan aplikasi web. Di dalam paket instalasi XAMPP terdiri dari beberapa software opensource, salah satu software tersebut adalah web server apache.

Apache merupakan salah satu software web server paling populer yang digunakan saat ini. Karena memang sangat kompatibel dan lebih mudah dalam settingnya juga. Secara default, web server Apache dalam aplikasi XAMPP menggunakan port 80 dan 443 (untuk SSL).

Ini adalah cara melakukan setting untk membedakan port pada web service XAMPP.

  1. Mengubah Port Apache
    Menggantikan port pada apache XAMPP tidak dapat dilakukan langsung dari XAMPP Control Panel, ini adalah alasannya kenapa tidak bisa kita laukan pada XAMPP Contol Panel. Pada apache terdapat dua port yaitu HTTP dan SSL, adpun port defaul pada HTTP menggunakan nilai port 80 sedangkan port defaul SSL adalah 443. Pada saat menjalankan module apache secara outomatis (defaul) akan menjalakan kedua modul tersebut. Inilah yang terjadi jika kita menjalankan da apache dalam satu server.
  2. Mengubah Port HTTP apache
    Pilih terlebih dahulu web service mana yang akan kita rubah port HTTP dan SSL nya. Didalam direktori XAMPP kita dapat membuka file http.conf ini adalah konfigurasi http apache yang terletak pada :

    C:\xampp\apache\conf\http.conf //rubah listen 80 dan ServerName localhost:80 menjadi Localhost:100 //rubah port sesuai yang anda inginkan dan kecocokan dalam web service anda //Simpan perubahan.

  3. Mengubah Port SSL apache
    File konfigurasi ini juga harus anda rubah jika telah merubah port HTTP.file SSL ini adalah http-ssl.config yang biasanya terdapat pada derektori

    C:\xampp\apache\conf\extra\http-ssl.conf //rubah listen 443 dan ServerName localhost:443 menjadi Localhost:445 //rubah port sesuai yang anda inginkan dan kecocokan dalam web service anda //Simpan perubahan.

    Baca Juga : Sejarah dan Perkembangan HTML

  4. Mengubah Port MySQL
    Ini adalah langkah terakhir yang ahrus di rubah, yakni merubah port MySQL adapun port defaul MySQL adalah 3306 yang biasaa digunakan kita dalam konfigurasi sistem menggunakan ODBC yang biasaa kta lakukan. Nama file ini adalah my.ini biasa terdapat pada direktori.

    C:\xampp\mysql\bin\my.ini //cari kata yang mengandung port=3306 rubah menjadi 3307 dan sesuaikan //Simpan perubahan

    Inilah cara merubah port Apache dan MySQL yang baik untuk dapat menjalankan dua (2) Web Servis sekaligus dalam satu server. Anda juga dapat menjalankan kedua sistem aplikasi anda dalam satu server namun yang mengandung dua versi PHP yang berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *