Apakah Agen Domino ini Mempengaruhi SEO?

Google mengeluarkan statement bahwa meta tag tidak berpengaruh apapun terhadap ranking atau peringkat. Misalnya Anda menuliskan Agen Domino dengan sangat bagus, misalnya Anda menuliskan “jual sepatu paling murah di Jakarta dengan kualitas yang paling bagus”. Tentu hasil tersebut tidak akan berpengaruh apa-apa, apalagi Anda tidak melakukan strategi SEO yang lain.

Lalu kenapa beberapa orang masih saja menyarankan untuk memasang meta tag? Jawabannya adalah agar Google tidak kesulitan mengindex website Anda. Google akan melihat apakah keyword yang ada di website tersebut cocok dengan pencarian. Ketika cocok, Google akan menampilkan meta desc website Anda di hasil pencarian.

 

Jadi apa akibatnya jika Anda lupa menuliskan Agen Domino ?

Lalu apa akibatnya jika Anda lupa menuliskan meta tag? Apakah Google akan melupakan website kita? Atau Google akan mencrawl keyword lain? Google akan tetap mencrawl website Anda walaupun tanpa meta tag. Tetapi kelemahannya, Google akan melihat kalimat pertama website Anda. biasanya kalimat pertama website Anda  adalah “Home – About – Contact” alias menu yang ada di website. Sudah pasti hasilnya ketika di mesin pencari tidak begitu bagus jika dibandingkan jika Anda menggunakan meta tag. Oleh karena itu sebisa mungkin Anda mengedit meta desc website Anda.

 

3 bagian penting dalam meta desc

Sebelum membahas bagaimana cara menuliskan meta tag yang bagus. Sekarang kita akan membahas 3 bagian penting dalam meta desc. 3 bagian penting tersebut dalam meta desc adalah title, description dan keywords. Jika Anda melihat di “View page source” seperti dijelaskan di awal paragraf, Anda akan melihat beberapa jenis “Meta”. Pertama Meta Title, kemudian Meta Description dan yang terakhir Meta Keywords. Sekarang kita akan bahas satu per satu tentang 3 hal penting dalam meta desc.

 

Meta title

Pertama yang kita bahas adalah meta title. Meta title sama halnya dengan meta desc, bisa Anda edit di halaman HTML awal Anda. fungsi dari meta title ini adalah menunjukkan judul website Anda. Misalnya Anda mempunyai website jual sepatu, Anda bisa menuliskan meta title “Jual Sepatu Online”. Anda bisa melihat title website Anda di bagian atas browser. Selain merubah lewat kode HTML, Anda juga bisa merubah di halaman setting website anda. Menuliskan meta title jangan terlalu panjang, maksimal 2 sampai 3 kata.

 

Meta desc

Selanjutnya adalah meta description atau meta desc. Seperti yang dijelaskan di awal, meta desc adalah rangkuman dari website Anda. Ada beberapa tips untuk mendapatkan meta desc yang bagus, walaupun meta desc tidak mempengaruhi ranking atau peringkat di search engine. Cara pertama adalah Anda harus memastikan meta desc Anda berkisar antara 135 sampai 160 karakter. Walaupun belum ada bukti bahwa jika Anda memakai meta desc sampai 160 karakter, Anda akan mendapatkan banyak visitor, tetapi setidaknya meta desc Anda jika terindeks di Google akan terlihat bagus.

Selain itu ada beberapa tips lainnya untuk mendapatkan hasil maksimal dengan meta desc. Usahakan di dalam meta desc tersebut ada keyword yang sedang Anda tuju. Misalnya keyword yang Anda tuju adalah “jual sepatu online”. Jadi Anda bisa menggunakan meta desc “Toko online A, jual sepatu online murah tetapi berkualitas. Anda bisa menemukan berbagai merek dengan model terbaru”. Di dalam meta desc tersebut, Anda tidak hanya menyebutkan satu keyword saja, tetapi Anda menemukan beberapa keyword. Pertama “jual sepatu online”, “jual sepatu online murah” dan “model terbaru”. Ingat, Google lebih senang dengan keyword long tail untuk hasil pencarian yang maksimal.

Tips terakhir adalah usahakan Anda membuat unik meta desc. Seperti biasa, Google sangat tidak menyukai duplikat konten. Walaupun ini hanya meta desc, Google akan mengetahui bahwa meta desc Anda meniru atau duplikat. Jika Anda bingung menentukan meta desc, lebih baik Anda membiarkan meta desc kosong dan membiarkan Google memilih meta desc untuk Anda.

 

Meta keywords

Meta-Keyword-SEMrush

Meta keywords ini adalah meta tag yang paling unik. Di beberapa artikel, Anda akan menemukan bahwa meta keywords ini tidak begitu penting. Karena Google sudah tidak membutuhkan keywords lagi untuk mencrawl website Anda. Tetapi di artikel tentang SEO lain, meta keywords ini wajib Anda isi khususnya untuk website baru. Meta keywords ini akan membantu Google untuk mengidentifikasi website atau blog baru Anda. Tetapi sekali lagi, Google tidak pernah sekalipun mengatakan bahwa meta keywords ini penting atau tidak. Jadi tidak ada salahnya Anda mengisi meta keywords ini dengan keywords yang akan Anda sasar. Banyak klien Penulis.ID yang kami sarankan untuk mengisi meta keywordnya sebagai langkah aman dalam usaha meningkatkan nilai SEO.

Ada poin yang menarik untuk masalah meta keywords ini. Beberapa website konsultan SEO mengatakan untuk mengosongkan meta keywords karena meta keywords ini rawan di salin oleh kompetitor. Misalnya Anda sudah membangun strategi SEO sudah cukup lama dengan menuliskan meta keywords, lalu dengan mudah kompetitor Anda membuka meta keywords Anda dan meniru semua keywords tersebut. Tetapi sebaliknya, Anda juga bisa “meniru” keywords kompetitor dengan cara yang sama. Anda bisa mendapatkan keywords yang disasar oleh kompetitor Anda dengan cara yang sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *