Pentingnya SEO Untuk Bisnis

SEO singkatan dari Search Engine Optimization atau Optimasi Mesin Pencari. Dalam bisnis online, SEO merupakan teknik memaksimalkan keyword atau kata kunci yang berhubungan dengan produk jualan. Kata kunci ini harus ditempatkan di dalam konten website.

Misalnya Anda menggunakan kata kunci seperti “Jual Kemeja Murah” jika bisnis online shop dalam bidang fashion. Nantinya jika ada pengguna internet yang mencari kemeja murah di Google, maka ia akan menemukan website toko online anda di halaman pertama Google. Maka dari sinilah potensi penjualan muncul, dimana setelah itu pengguna internet tersebut akan menjadi pengunjung website anda. Dan apabila ia tertarik terhadap produk yg anda tawarkan maka akan terjadilah transaksi jual beli.

Dalam bisnis online, popularitas toko online dan produknya merupakan bagian penting untuk menciptakan branding awarness. Semakin terkenal toko online serta produknya, maka akan semakin membantu pemasaran produk dan mendorong banyaknya transaksi penjualan yang terjadi. Singkatnya, calon pelanggan hanya akan melakukan pembelian apabila mereka sudah mengenal produk dan percaya terhadap toko online penyedia produk.

Disinilah fungsi SEO yang memiliki pengaruh besar terhadap tumbuh kembang sebuah website toko online. SEO menjadi teknik untuk meningkatkan popularitas sebuah website. SEO ini akan bekerja dengan menempatkan rangking website di jajaran teratas halaman penelusuran mesin pencari seperti Google, Bing, dan sebagainya.

Berikut ini adalah beberapa manfaat SEO dalam pemasaran online sebuah bisnis:

1. Mendatangkan Trafik Potensial ke Website Bisnis

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa halaman website yang teroptimasi dengan baik dari sisi SEO akan mendapatkan peringkat yang baik juga di mesin pencari, misalnya #Google. Semakin baik posisi halaman website Anda di Google maka peluang untuk mendapatkan pengunjung (trafik) potensial akan semakin besar. Pengunjung potensial inilah yang nantinya akan menjadi calon customer bisnis Anda.

Mengapa saya menyebutkan trafik dari Google adalah trafik potensial? Tidak semua sumber trafik memberikan benefit bagi bisnis Anda, apalagi bila trafik tersebut berasal dari website-website auto surf yang memberikan visitor bot ke website Anda.

2. Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Anda

Brand Awareness adalah kemampuan calon pembeli atau konsumen untuk mengenali maupun mengingat sebuah merek. Semakin terkenal sebuah merek pada niche tertentu maka kemungkinan intensitas penjualan juga akan semakin besar. Sebenarnya ada banyak cara untuk meningkatkan Brand Awareness sebuah bisnis. Salah satunya adalah dengan optimasi website di mesin pencari (SEO).

Baca Juga : Mencegah Nama Domain Expired

3. Mendapatkan Data Customer Anda dengan Gratis

Banyak pengusaha online yang bersedia mengeluarkan banyak uang untuk memasang iklan di berbagai media periklanan dengan tujuan untuk mendapatkan data kontak (email, nomor ponsel, alamat, dan lainnya) calon customer ataupun pelanggan setia bisnis mereka.

Dengan mengetahui data calon customer maka akan lebih mudah untuk menghubungi mereka ketika kita mengeluarkan produk baru atau ingin memberikan penawaran promosi khusus untuk menjual produk lama. Intinya, kita tetap bisa terhubung dengan customer setiap saat.

Bila website Anda berada pada posisi teratas di mesin pencari maka akan lebih mudah untuk mendapatkan data customer tersebut, dan tentu saja gratis. Tentunya kita membutuhkan layanan lain untuk menyimpan data base customer tersebut, misalnya layanan autoresponder untuk membangun email list customer kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *