Penyebab Website Down

Dengan adanya akses internet seseorang dapat menjadi lebih mudah untuk menjalani berbagai aktivitas hidup.  Di internet terdapat berbagai situs web yang menawarkan berbagai hal, mulai dari informasi hingga telekomunikasi dengan biaya yang murah.  Namun ada kalanya situs web atau website yang ingin dikunjungi tidak dapat diakses sehingga kita harus membatalkan kunjungan tersebut.  Ada banyak hal yang menjadi penyebab terjadinya down atau tidak dapat diaksesnya suatu website, seperti faktor-faktor di bawah ini.

  1. Kualitas Server
    Tentu saja kualitas server sangat mempengaruhi kecepatan akses sebuah website. Jika server memiliki prosesor dan RAM yang mumpuni, tentu website di dalamnya akan lebih cepat load nya.
    Sama seperti prosesor pada komputer pribadi kita, begitu cara kerja prosesor pada server. Makin lambat prosesornya, makin lama loading websitenya.
  2. Jumlah Website dalam Sebuah Server
    Jumlah website dalam sebuah server akan sangat berpengaruh terhadap kecepatan akses website. Analoginya : jika Anda naik Commuter Line dengan jumlah penumpang lebih sedikit, maka Anda akan merasa lebih nyaman, begitu pula dengan kecepatan laju Commuter Line tersebut. Namun jika yang Anda naiki adalah Commuter Line yang penuh sesak, jangankan untuk merasa nyaman, mau naruh kaki saja sudah susah.
    Begitu pula website, dengan server yang menampung begitu banyak website, down-time lebih mungkin terjadi. Web juga bisa jadi lebih lemot.
  3. Jarak Koneksi dari Device Anda ke Website
    Lokasi server berada juga mempengaruhi laju akses website. Jika Anda memiliki website dengan lokasi server di Amerika Serikat, kecepatannya tentu akan kalah dengan server di Singapura atau Indonesia. Pemilihan lokasi server ini harus dipertimbangkan. Misalnya meilih lokasi server di Singapura karena jarak yang tidak terlalu jauh dan sistem infrastruktur dan kecanggihan teknologi yang lebih baik. Lokasi server di Indonesia juga baik, karena dekat jaraknya dengan pengguna yang rata-rata ada di Indonesia.

    Baca Juga : Manfaat Adanya Website

  4. Aktivitas dalam Sebuah Server
    Seperti pada nomor 2 di atas, aktivitas apa saja yang terjadi dalam sebuah server pasti akan mempengaruhi website lain yang berada dalam server yang sama. Misalnya, dalam server yang tempat website Anda bernanung, ada banyak website yang mengelola Game Online, wah pastinya ini bisa mempengaruhi web Anda untuk jadi lemot. Oleh karena itu, server yang baik haruslah yang sering atau rajin memonitor aktivitas website client supaya tidak menghambat website lainnya.
  5. Koneksi Internet Anda Sendiri
    Silahkan memilih provider yang paling kencang dan bisa memenuhi kebutuhan online Anda. Pastikan provider yang Anda pilih juga memiliki kecepatan yang bisa di andalkan. Poin ini sengaja saya selipkan di paling akhir karena ini merupakan satu yang tidak bisa kita control.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *