Perbedaan PHP dan HTML

PHP adalah bahasa pemrograman yang dijalankan pada server yang terinstall web server. Artinya semua baris program akan sepenuhnya dijalankan pada web server sedangkan yang dikirimkan ke browser pengguna hanya hasilnya saja.

HTML adalah bahasa standard untuk membuat halaman web statis. HTML dapat secara langsung dijalankan dan ditampilkan dengan bantuan browser.

PERBEDAAN PHP dan HTML

Seperti yang kita ketahui saat belajar membuat website di OnphpID tentang penggunaan PHP. Penggunaan PHP ditujukan untuk dinamisasi, matematik dan logic sehingga memungkin kita membuat dengan konten yang sangat banyak meskipun hanya menggunakan beberapa file php saja. Berbeda dengan HTML, kita perlu membuat file html sebanyak konten (posting) yang ada dalam website kita.

HTML murni ( tanpa javascript ) tidak mampu menangani dinamisasi, fungsi matematik dan logic seperti halnya PHP kenapa ? karena HTML adalah TEXT. Jadi jika kita ingin 100 ( seratus ) artikel di website kita berarti kita perlu 100 ( seratus ) file html yang memuat artikel tersebut.
Dari pengertian PHP dan HTML di atas sangatlah jelas perbedaan diantara kedua bahasa tersebut. PHP diperuntukan untuk berinteraksi dengan server sedangkan HTML untuk menampilkan hasil dari PHP pada browser, meskipun PHP juga dapat menampilkan text selayaknya HTML dengan fungsi php echo() atau print(). Dari sini PHP lebih dimanfaatkan untuk dinamisasi web karena halaman yang dibuat dengan HTML masih statis.

 

Contoh dinamisasi dengan HTML dan PHP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *