Perbedaan Sederhana PHP dan HTML

PHP adalah bahasa pemrograman yang dijalankan pada server yang terinstall webserver (apache2, nginx, dll) . Artinya semua baris program akan sepenuhnya dijalankan pada web server sedangkan yang dikirimkan ke browser pengguna hanya hasilnya saja. Singkatnya untuk menjalankan sebuah index.php kita harus memiliki sebuah sebserver XAMPP (pada windows) dan nginx, apache2 (pada linux).

HTML adalah bahasa standard untuk membuat halaman web statis. HTML dapat secara langsung dijalankan dan ditampilkan dengan bantuan browser. Dengan kata lain kita dapat menjalankan index.html langsung pada browser kita tanpa bantuan web server (apache,nginx, dll). Bca Juga : Sejarah HTML

PERBEDAAN TAG PHP dan TAG HTML

Tag PHP selalu diawali <?php dan diakhir ?> , dan pada akhir fungsi php selalu diakhiri dengan “;” (titik koma).

Contoh :

Sedangkan HTML diawali dengan <tag> dan diakhiri </tag>

Contoh :

adapun tag yang hanya berbentuk <tag/>

Contoh:

HUBUNGAN PHP dan HTML

Dari pengertian PHP dan HTML di atas sangatlah jelas perbedaan diantara kedua bahasa tersebut. PHP diperuntukan untuk berinteraksi dengan server sedangkan HTML untuk menampilkan hasil dari PHP pada browser, meskipun PHP juga dapat menampilkan text selayaknya HTML dengan fungsi php echo() atau print(). Dari sini PHP lebih dimanfaatkan untuk dinamisasi web karena halaman yang dibuat dengan HTML masih statis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *