Sejarah dan Perkembangan HTML

Hypertext Markup Language (HTML) adalah suatu metode untuk mengimplementasikan konsep hypertext dalam suatu naskah atau dokumen. Namun HTML bukanlah sebuah bahasa pemrograman, melainkan adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).

  1. HTML

    HTML(Hyper Text Markup Language) atau yang populer disebut dengan HTML merupakan sebuah jenis teks dokumen khusus yang membuat sebuah halaman web yang digunakan oleh Web browser untuk mempresentasikan teks dan gambar . Dan didalam teks tersebut terdapat tag markup. File HTML adalah berisi beberapa instruksi atau perintah yang kemudian diterjemahkan oleh browser yang ada dikomputer user,  sehingga isi informasinya dapat ditampilkan secara visual dikomputer user. HTML dikenal sebagai standar bahasa yang digunakan untuk menampilkan dokumen web. Sedangkan dokumen HTML sering disebut sebagai ”Halaman Web”. Browser mengambil halaman Web dari Web server dan karena adanya Internet, Halaman tersebut bisa berada di manapun di dunia.

  2. HTML versi 2.0

    Pada versi ini, penambahan kualitas HTML terletak pada kemampuannya untuk menampilkan suatu form pada dokumen. Dengan adanya form ini, maka kita dapat memasukkan nama, alamat, serta saran/kritik. HTML versi 2.0 ini merupakan pionir dari adanya homepage interaktif. Dengan menggunakan HTML 2.0, kita dapat membuat lembar halaman ciptaan yang dapat dilihat oleh semua orang.

  3. HTML versi 3.2

    HTML 3.2 berisi fitur2 baru seperti font, tabel, applet, superscripts, subscript,dll. Salah satu unsur yang ditambahkan ke standar HTML 3.2, adalah <tag> . Tag ini diperkenalkan kompleksitas yang tidak perlu untuk tugas penting dari memisahkan konten HTML (teks) dari presentasi (style).Selain itu pada HTML versi 3.2 ini, kita bisa menggunakan script di luar HTML untuk mendukung kinerja HTML  tersebut, seperti javascript dan Vbscript.

  4. HTML versi 4.01

    HTML 4.01 menjadi standart pada tahun 1999. HTML 4.01 merupakan perbaikan dari HTML versi 4.0 yang terlebih dahulu diterbitkan. HTML versi 4.01 masih standart resmi sampai sekarang ini untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan kecil (minor errors) pada versi sebelumnya. HTML versi ini juga menjadi standardisasi untuk elemen dan atribut dari script XHTML 1.0.

    Baca Juga : Aturan Penamaan Domain

  5. HTML versi 5.0

    HTML versi 5.0 ini masih dikerjakan/dikembangkan mulai 4 Maret 2010 kemaren oleh W3C(World Wide Web Consortium),W3C sendiri adalah sebuah Organisasi yang menangani pengembangan web standar. Beberapa fitur baru di HTML 5 sebagai berikut:

    1. Unsur kanvas untuk menggambar.
    2. Video dan elemen audio untuk media pemutara.
    3. Element baru, seperti artikel, footer, header, dan navigasi.
    4. Dukungan lebih baik untuk penyimpanan offline local.
    5. Kontrol bentuk baru, seperti kalender, tanggal, waktu, email, URL, dan Search.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *