Sejarah, Pengertian dan Fungsi HTML

Sejarah HTML

Tahun 1980, IBM memikirkan pembuatan suatu dokumen yang akan mengenali setiap elemen dari dokumen suatu tanda tertentu. IBM kemudian mengembangkan suatu jenis bahasa yang menggabungkan teks dengan perintah-perintah performatan dokumen. Bahasa ini dinamakan Mark Language, sebuah bahasa yang digunakan tanda-tanda sebagai basisnya. IBM menamakan sistemnya ini sebagai Generalized Markup Language atau GML.

Tahun 1986, ISO menyatakan bahwa IBM memiliki suatu konsep tentang dokumen yang sangat baik, kemudian mengeluarkan suatu publikasi (ISO 8879) yang menyatakan Mark Language sebagai standar untuk pembuatan dukomen-dokumen. ISO mebuatan bahasa ini dari GML milik IBM, tetapi memberinya nama lain, yaitu SGML (Standar Generalizid Markup Language). ISO dalam publikasinya meyakini bahwa SGML akan sangat berguna untuk pemproseran informasi teks dan sistem-sistem perkantoran. Tetapi diluar ISO, SGML dan terutama subset dari SGML, yaitu HTML juga berguna untuk menjelajahi internet. Khususnya bagi mereka yang menggunakan Word Wide Web. Versi terakhir dari HTML saat ini adalah HTML5.

Pengertian HTML

Hyper Text Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi.

  • HyperText adalah metode dimana kita “berpindah” disekeliling web, dengan mengeklik sebuah teks yang bernama hyperlink. Hyperlink adalah sebuah teks khusus di internet, dimana saat teks tersebut diklik, akan membawa kita ke halaman web selanjutnya/halaman web lain yang telah ditentukan. Baca Juga : Apa itu GOOGLE PANDA
  • Markup adalah hal yang dilakukan oleh tag HTML kepada teks yang ada didalamnya. HTML menandai teks yang berada didalamnya sebagai tipe teks tertentu. Misalnya saja jika kita menandai sebuah teks dengan tag html <i>, maka teks tersebut akan berubah menjadi italic (huruf yang miring). Sedangkan jika kita menandainya dengan <b>, maka teks tersebut akan berubah menajadi bold (huruf tebal).
  • Language yang berarti bahasa. HTML adalah sebuah bahasa, yang memiliki kata kata berupa kode dan syntax seperti bahasa yang lain.

Fungsi HTML

  • Untuk Membuat Halaman Web. Bahasa HTML digunakan untuk membuat halaman web. Semua halaman web pasti dibuat dengan menggunakan HTML.
  • Sebagai Pondasi Bagi Sebuah Website. Sebuah rumah jika tidak memiliki pondasi maka akan cepat roboh. Begitu juga dengan website. Jika tidak memiliki HTML sebagai pondasi, kita tidak dapat mengimplementasikan bahasa lainnya seperti CSS (bahasa untuk mendesain website), Javascript (bahasa untuk menambah prilaku website), dan PHP (bahasa pemrograman server website).
  • Untuk menandai teks pada halaman web. Misalnya, kita dapat menandai sebuah teks menjadi bergaris bawah dengan menggunakan tag html <u>
  • Untuk menandai elemen/bagian pada halaman web. Sebuah website memiliki beberapa bagian seperti header, navigasi, main dan footer. Kita dapat menandai setiap bagiannya dengan HTML.
  • Untuk menampilkan informasi dalam bentuk tabel
  • Untuk menambahkan objek seperti audio, video, gambar, dll dalam halaman web
  • Untuk membuat online form

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *