Tips SEO Dalam Toko Online Anda

SEO sendiri juga biasa digunakan oleh para pebisnis online untuk mencari para pelanggan. Tetapi banyak juga online shop yang terlihat masih asal-asalan dalam menjual barang dagangan atau produknya. Hal ini membuat bisnis tidak dapat menghasilkan pemasukan secara maksimal.

Meskipun SEO diangap sebagai salah satu alat utama dalam meningkatkan kinerja bisnis, tetapi jika dilakukan dengan cara kurang baik maka akan membuat bisnis itu menurun. Ada batasan tertentu yang teman-teman harus patuhi saat menerapkan SEO dalam bisnis. Karena penting untuk teman-teman ketahui bahwa website bisnis online yang dapat masuk dalam list penalty google pastinya sulit untuk dioptimasi lagi. Maka dari itu teman-teman harus berhati-hati dalam menggunakan SEO.

  1. Tidak ada deskripsi produk
    Pemilik toko online biasanya sangat bersemangat saat mengunggah produk terbaru, tapi malas untuk membuat deskripsi produk. Sebenarnya, jika tanpa deskripsi maka produkmu akan sulit sekali menempati halaman pertama Google. Bahkan sekalipun kamu menggunakan low competition keyword, tetap saja SERP (Search Engine Results Page) toko online kamu akan sangat tinggi. Untuk menghindari hal ini maka kamu harus meluangkan waktu untuk membuat deskripsi produk dengan konten yang berkualitas.
  2. Menyalin deskripsi bawaan pabrik
    Jika anda ingin tahu bagaimana caranya mendapat blacklist Google, maka lakukan copy/paste tulisan orang lain tanpa mengeditnya terlebih dahulu. Begitupula pada toko online, jika kamu menyalin deskripsi produk bawaan pabrik maka Google akan memberikan bendera plagiat pada toko online kamu. Selain itu deskripsi bawaan pabrik juga biasanya memiliki bahasa yang kaku dan tidak menjual sehingga tidak cocok digunakan pada toko online.

    Baca Juga : Teknik ON Page SEO

  3. Judul produk tidak unik
    Masalah SEO lainnya yang terjadi pada toko online adalah tag judul yang tidak unik. anda mungkin akan merasa kesulitan ketika membuat tag judul yang unik mengingat ada banyak sekali item serupa yang kamu jual dan bahkan dengan brand yang sama. Sehingga kamu akan mengulang judul yang sama secara berkali-kali. Google biasanya sangat sensitif dengan hal seperti ini. Oleh karena itu, tentukan judul produk secara unik.
  4. URL produk yang asal-asalan
    URL produk yang benar adalah URL yang keyword friendly, yaitu dengan format yang rapih dan mengandung keyword yang kamu targetkan.
  5. Konten duplikat
    Konten duplikat adalah konten yang memiliki kemiripan atau sama persis dengan konten lainnya yang ada di internet. Bahkan halaman-halaman dalam satu website pun dilarang menggunakan konten yang sama. Duplikasi konten dalam bentuk apapun seharusnya dihindari oleh pemilik toko online sehingga tidak berdampak buruk pada search engines.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *