Tips SEO Yang Mudah dan Efektif

Search Engine Optimization atau di singkat SEO adalah cara yang anda lakukan terhadap website anda agar terindex di halaman pertama atau rangkin teratas pada hasil pencarian yang seusuai dengan kata kunci yang relevan terhap konten website anda.

Sebagai contoh : Apabila anda memiliki toko online jualan baju anak. Tentu apabila calon pengunjung sedang mencari di search engine dengan kata kunci “toko baju anak online” anda mengiginkan website anda berada di posisi teratas pada hasil pencarian.

Dengan begitu pengunjung akan mengalir masuk ke website anda yang kemungkinan besar akan terjadi sales atau aktivitas jual beli dikarenakan user tersebut memang sedang mencari baju anak yang bisa dibeli secara online.

Read More :  Tips SEO Dalam Toko Online Anda

Ada dua jenis hasil yang di tampilkan oleh mesin pencari google, yaitu hasil pencarian yang berupa iklan (akan langsung berada di posisi teratas). Produk iklan dari google ini dikenal dengan adwords. Dimana anda bisa membayar google untuk langsung menampilkan website anda dengan cara membayar. Yang perlu diingat adalah biaya iklan ini cenderung “mahal” bagi sebagian orang. Yang kedua adalah hail pencarian organic atau alami dimana google menempatkan website anda di halaman pertama tanpa perlu membayar.

Tips dan Trik apa yang harus dilakukan untuk memaksimalkan SEO website / Blog anda

  1. Tentukan Prefered Domain Website www vs non-www Domain
    Hal ini menjadi pertimbangan pengguna pertama kali, namun hal ini harus menjadi keputusan Anda untuk memutuskan menggunakan prefered Domain www atau non-www Domain.
  2. Setup Friendly Permalinks
    Permalink merupakan struktur URL yang muncul pada address bar website Anda. Hal ini tentunya akan meningkatkan kualitas dimana robot mesin pencari akan membaca url Anda dengan baik. Jika Anda pengguna WordPress, maka pilihlah “Post name” untuk permalink Anda.
  3. Riset Kata Kunci, dan Fokus mengembangkannya
    Hal ini tentunya bukan rahasia umum lagi yang digunakan oleh pakar SEO. Anda harus konsisten menanamkan kata kunci pada halaman website Anda. Hal ini karena menjadi kekuatan Anda tersendiri. Bagaimana cara menguatkan kata kunci, cara termudah adalah dengan mengulang kata kunci tersebut pada halaman artikel yang Anda buat.
  4. Importance of Title Tags, Meta Descriptions, Meta Keywords
    Judul pada postingan atau halaman page sangat penting. Jangan pernah mengabaikan judul postingan. Hal ini dikarenakan mesin pencari akan melacak Judul Postingan Anda sehingga Akan membantu mesin pencari dalam menampilkan hasil pencariannya. Tidak hanya itu, Anda juga harus melakukan setting manual pada Meta Deskription Postingan Anda. Hal ini akan mempermudah dan tentunya akan membantu Anda untuk mengoptimalkan kata kunci pada website Anda. Bagaimana dengan meta keyword? beberapa pakar mengemukakan bahwa hal ini tidak diperlukan lagi, namun Anda juga perlu melakukan settingan manual untuk menentukan beberapa target keyword Anda dengan mudah.
  5. Header Tags – H1, H2, H3
    Header Tag sangat penting dimana akan mempermudah mesin pencarian dalam menentukan Tag pada judul Anda.
  6. Image Alt Tags and Title Tags
    Sangat jelas, karena mesin pencari tidak dengan maksimal dalam membaca gambar. maka pastikan Anda menggunakan tag ALT dan TITLE pada gambar Anda.
  7. Content is King
    Buatlah konten Anda secara natural, dan konten merupakan hal yang paling penting yang harus Anda prioritaskan. Pastikan konten yang Anda buat tidak terlalu pendek atau terlalu panjang, minimal Anda bisa membuat postingan hingga terdiri minimal 500 suku kata. Keuntungan lain dari konten berdurasi panjang adalah bahwa dari waktu ke waktu Anda juga akan mulai peringkat untuk tidak hanya kata kunci fokus Anda.
  8. Importance of Dofollow vs NoFollow Links
    Dofollow Link merupakan konsep merayapi situs web dan ketika menemukan link dofollow melewati link antara mereka dan situs mereka terkait dengan link tersebut. Hal ini membantu membangun otoritas dan mempengaruhi peringkat Anda di Google. namun, hal yang perlu Anda ketahui adalah memastikan bahwa dofollow link Anda tidak banyak mengarah ke website luar, hal ini dikarenakan akan mempengaruhi pandangan mesin pencari akan banyaknnya internal link dibandingkan eksternal link. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas backlink website Anda.
  9. Add High Domain Authority
    Berkebalikan dengan yang sebelumnya, nah pastikan website Anda mendapatkan banyak link ekternal yang mengarah ke website Anda. Pastinya Anda harus selektif untuk memilih link yang berkualitas untuk website Anda.
  10. Sitemaps
    Peta situs yang digunakan oleh mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yandex untuk ambil hirarki dan struktur website Anda serta memastikan merangkak lebih baik. Anda harus mendaftarkan website Anda untuk membuat Sitemaps pada website Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *